Rabu, 07 Juli 2010

Terusan Panama



Terusan Panama adalah sebuah "shortcut" bagi dunia pelayaran, dimana kapal tidak lagi harus mengelilingi Amerika Latin untuk mencapai Amerika Barat atau sebaliknya. Sebagai sebuah ilustrasi, pelayaran dari New York ke San Fransisco hanya menempuh jarak 9,500 km melewati Terusan Panama, sedangkan mengelilingi Amerika Latin akan menempuh jarak 22,500 km.

Terusan sepanjang 77 km ini terletak pada tanah genting Panama. Terusan yang menghubungkan samudra Atlantik dengan samudra Pasific ini idenya pertama kali dicetuskan oleh Raja Charles V dari Spanyol pada tahun 1524 untuk mempermudah lewatnya kapal, terutama yang membawa emas. Karena beberapa kendala dan dilatar belakangi dengan selesainya Terusan Suez, Perancis di bawah pimpinan Ferdinad de Lesseps mulai meneruskan proyek pembangunan terusan ini pada Januari 1880 . Namun sempat terhenti tahun 1883 karena adanya serangan wabah penyakit.


Pembangunan dilanjutkan oleh Amerika Serikat di bawah pimpinan Roosevelt pada tahun 1904 setelah AS membantu Panama merdeka dari Kolumbia engan imbalan kontrol daerah terusan. Pembangunan kanal oleh Amerika Serikat ini dimulai pada 4 Mei 1904 Berbagai upaya dilaksanakan untuk mengatasi masalah dan akhirnya kanal dibuka pada 15 Agustus 1914 dengan lewatnya kapal Ancon.



Terusan ini memiliki tiga penyekat atau ‘Locks’ yaitu Gatun Locks, Pedro Miguel Locks dan Miraflores Locks.
  • Kapal yang datang dari arah Samudera Atlantik akan melewati Gatun Locks dan kapal diangkat 85 feet (26 meter) ke permukaan danau Gatun, kemudian kapal terus melintasi danau Gatun hingga jarak 23 Mil (37 Km) sebelum kemudian masuk Gaillard (Culebra).
  • Setelah melewati Gaillard Cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju Pedro Miguel Locks ( panjang gaillard Cut sendiri adalah 8 Mil atau 13 Km ). Pada Locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendah yaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayar menuju Danau Miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau Gatun pada locks pertama tadi)
  • Setelah melewati 2 locks pada akhirnya kapal akan bertemu Locks terakhir yaitu Miraflores Locks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudian kapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas ( Samudera Pacifik), Dan total jarak tempuh dari Gatun Locks ke Miraflorest mencapai 80 Km atau 50 nautical miles. Kapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saat akan memasuki Locks untuk menjaga posisinya.
Otoritas Terusan Panama memberlakukan seperti tarif tol bagi kapal yang melewati terusan ini.Besar tarif berdasarkan jenis kapal, ukuran dan jenis barang yang dibawa. Sedangkan untuk kapal penumpang dan kapal barang yang tidak membawa barang di hitung tersendiri sesuai tonasenya.Biaya penyebrangan untuk kapal Cargo atau barang adalah $72 per unit kontainer.Biaya untuk penyebrangan kapal-kapal pesiar di hitung berdasarkan jumlah kamarnya. Perkamar yang berpenghuni adalah $115 (Rp1,035,000) sedangkan kamar yang tidak berpenghuni membayar $92 dolar.(Rp 828,000). Tarif tol termahal yang pernah dibayarkan oleh kapal adalah sebesar $331,200 ( sekitar 2,9 Miliar) oleh kapal pesiar Disney Magic .







Tidak ada komentar:

Posting Komentar