Sabtu, 03 Juli 2010

BUS RAPID TRANSIT ( BRT)





Bus Rapid Transit ( BRT ) merupakan salah satu moda transportasi massal yang pelaksanaannya menggunakan jalur khusus, namun tetap melalui persimpangan seperti moda transportasi yang lain seperti mobil,truk, sepeda motor. Jalur khusus BRT ini sering dikenal dengan istilah bus lane. Bus rapid transit memakai sebagian nama dari rapid transit yang mendeskripsikan transportasi rel berkapasitas tinggi atau kita bisa memanggilnya right-of-way.Tujuan dari pembuatan bus lane ini adalah untuk mengamankan laju BRT agar tidak tercmpur dengan arus lalu lintas umum sehingga dapat mempersingkat waktu perjalanan

Jaringan BRT bisa melayani market tertentu (semua penumpang) dengan mengangkut penumpang dari lokasi sekarang menuju tujuan mereka dengan frekuensi tinggi dan waktu yang lebih cepat bisa membuat level kekaguman konsumen meningkat.
Dibandingkan dengan sistem transit yang lain sistem ini bisa berjalan dengan baik. Jika sistem ini berjalan dengan kacau maka servis tidak akan melayani market tertentu. Beberapa kota membangun jalur khusus bus ini benar-benar terpisah dengan separator yang jelas (kerb).

Sistem ini , yang dikenal dengan istilah bus way, telah diterapkan di sejumlah kota seperti Jakarta (Indonesia), Bogota ( Kolombia), Istambul (Turki) dan kota-kota lain di dunia . Pengopersian jalur khusus bus ini sendiri sebenarnya bukan tanpa masalah. Ini dikarenakan berkurangnya kapasitas jalan dengan dibangunnya jalur khusus bus tersebut.


"Hendaknya pemerintah daerah atau pusat sudah mulai melakukan perencanaan matang serta merealisasikan terkait transportasi massal yang baik seperti BRT dengan jaringan yang saling terkoneksi, sehingga dapat mengurangi kepadatan kendaraan bermotor"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar