Kamis, 15 Juli 2010

OKEANOS EXPLORER

Okeanos diambil dari bahasa Yunani yaitu Samudra (Ocean)
Okeanos Explorer merupakan kapal peneliti apa saja yang "tersembunyi" di dalam samudra yang luas. Okeanos Explorer ini sebenarnya merupakan eks kapal Angkatan Laut Amerika Serikat (USNS Capable (T-AGOS-16)). Dibawah National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) Okeanos Explorer diluncurkan pertama kali tahun 2010. Kapal ini memberikan gambaran informasi dari 95 % tabir misteri dalam samudra yang masih belum terungkap. Hasil dari informasi ini diharapkan dapat membantu ilmuwan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.
Okeanos Explorer


Okeanos Explorer


ROV

Kapal ini dilengkapi dengan teknologi disebut "telepresence technology" yang merupakan kombinasi teknologi satelit dengan internet yang menginformasikan gambar,data,video maupun suara secara real time. Menggunakan alat yang disebut ROV (Remote Operated Vehicle), data yang diperoleh ditransfer ke monitor -monitor pada pusat kendali Exploration Command Centers. Sehingga di manapun kapal berlayar data dan informasi tetap masuk ke pusat kendali tersebut. Selain itu kapal ini juga melakukan mapping permukaan dasar samudra hingga kedalaman 6000 meter.

Proses transfer data

pusat kendali Exploration Command Centers


Kapal dengan lebar 68 meter dan draft 5,2 meter ini memfokuskan penelitian pada Samudra Pasifik. Pada 18 Juni 2010 kapal dijadwalkan melakukan penelitian di laut dalam Sulawesi Utara.
Dijadwalkan akan bersama-sama kapal riset dari BPPT, Baruna Jaya IV, melakukan eksplorasi kolaboratif di laut dalam perairan Sangihe, Talaud, Sulawesi Utara selama sekitar dua bulan.

hasil maping dasar laut


Berikut spesifikasi kapal Okeanos Explorer :

  • Name: Okeanos Explorer, from the Greek "Okeanos," for ocean
  • History: Former Naval surveillance T-AGOS Class ship Capable
  • Length: 224 feet Beam: 43 feet Draft: 15 feet
  • Berthing: 46, including crew and mission support
  • Speed : 10 knots
  • Range : 9600 nautical miles ( 18000km)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar