Rabu, 07 Juli 2010

O-BAHN ( Adelaide) -----> BUS BERJALAN DIATAS REL KERETA


HAH ???
GIMANA BISA BUS BERJALAN DIATAS JALUR KERETA

Begini ceritanya.....

Guided bus merupakan salah satu tipe dari transportasi massal yang menyerupai BRT. Namun bedanya adalah guided bus, yang lebih dikenal dengan istilah O-Bahn, pada suatu jalur-jalur tertentu mempunyai track tersendiri seperti LRT. Pada track-track khusus tersebut bus menggunakan semacam roda khusus agar dapat melaju. Apabila tidak sedang didalam track , bus tersebut melaju normal seperti bus lain pada umumnya. O-Bahn sendiri secara etimologi berasal dari bahasa latin yaitu O yang merupakan singkatan dari Omnibus serta bahasa Jerman Bahn yang berarti jalan. O- Bahn sendiri pertama kali diperkenalkan di Essen, Jerman.

O-Bahn sedang berjalan diatas track/rel kereta api

Roda khusus O-Bahn

Pada postingan kali ini akan dibahas O-Bahn yang berada di Adelaide,Australia.

Pada O-Bahn Adelaide mempunyai panjang rute 12 kilometer, dan mempunyai satu stasiun serta dua interchanges. Stasiun tersebut ada di daerah Klemzig. Sedangkan interchanges tersebut ada di Paradise Interchange di Campbelltown and Tea Tree Plaza Interchange di Tea Tree Gully. Pada interchanges tersebut O-Bahn diperbolehkan keluar dan masuk sebagai bus biasa untuk melayani rute-rute suburban. Rute dari O-Bahn sendiri dimulai dari jalan Hackney dimana bus masuk ke dalam terowongan sepanjang 60 meter dengan batas kecepatan 40 km/jam.Kecepatan meningkat hingga 80 km/jam menuju stasiun Klemzig. Untuk perjalanan menuju rute selanjutnya kecepatan bus bervariasi dari 80 km/jam hingga 100 km/jam, dengan rata-rata kecepatannya 60 km/jam (termasuk berhenti). Pada area interchanges batas kecepatannya adalah 20 km/jam. Pada gambar dibawah memperlihatkan dimulainya O-Bahn di jalan Hackney

Jalur rel O-Bahn

O-Bahn keluar dari rel dan melanjutkan perjalanan di jalanan aspal


Jika ditilik maka jalur khusus O-Bahn menyerupai jalur khusus (rel) kereta api. Track tersebut terbuat dari beton dan pada daerah River Torrens dibuat diatas permukaan tanah (elevated) mengingat kondisi tanah yang buruk di daerah tersebut.


Rute dari Adelaide O-Bahn

MAU GAMBAR2 LAIN DARI ADELAIDE O-BAHN ????



Tidak ada komentar:

Posting Komentar