Minggu, 11 Juli 2010

SINGAPORE MRT ( MASS RAPID TRANSIT)





Sebagai negara yang maju, Singapura membutuhkan suatu transportasi massal yang jaringannya terkoneksi dengan baik. Pada tahun 1987 dibukalah Singapore MRT yang nantinya merupakan urat nadi sistem transportasi di negara berlogo kepala singa hingga sekarang. Penumpangnya mencapai 1,564 juta setiap harinya pada tahun anggaran 2007/2008, dibandingkan dengan 2,969 juta yang menggunakan bus.
Terdapat 4 jaringan rute yang mengkover seluruh wilayah Singapura,yaitu :

1.Rute UTARA-TIMUR. ditandai dengan warna ungu. Jalur ini pertama kali dioperasikan pada Juni 2003 dengan panjang total track 20 km. Selain itu pada jalur ini terdapat 16stasiun antara lain HarbourFront, Chinatown, Dhoby Ghaut, Sengkang, Punggol.

2.Rute UTARA-SELATAN ditandai dengan warna merah. Jalur ini pertama kali dioperasikan Nopember 1987 dengan panjang total track hingga kini 44 km. Pada jalur ini terdapat 25 stasiun antara lain Jurong East, Ang Mo Kio,City Hall,Raffles Place,Marina Bay, Marina Pier

3.Rute TIMUR-BARAT ditandai dengan warna hijau. Jalur ini pertama kali dioperasikan Desember 1987 untuk rute Pasir Ris-Joo Koon kemudian pada tahun 2001 dikembangkan dengan jalur Tanah Merah - Changi Airport dengan panjang total track hingga kini 49 km.

4.RUTE LINGKARAN/CIRCLE. ditandai dengan warna kuning. Jalur ini baru dioperasikan pada tahun 2009, yang hingga saat ini baru terdapat 16 stasiun dengan panjang track 16 km. Sesuai dengan namanya rute ini berbentuk radial dengan tujuan mengkoneksikan 3 rute sebelumnya.
Jaringan Singapore MRT

Pada Singapore MRT terdapat beberapa stasiun yang merupakan "interchange station" dimana pada stasiun tersebut para pengguna MRT dapat berpindah dari satu rute ke rute lainnya misalnya seperti pada :
  • Dhoby Ghaut MRT Station yang merupakan interchange dari Rute Lingkaran, Utara-Selatan, Utara-Timur.
  • Outram Park yang merupakan interchange dari Timur-Barat dan Utara-Timur
  • dan masih banyak lagi yang lainnya
Mayoritas track Singapore MRT berada dibawah tanah (underground), kecuali ada di beberapa tempat yang aboveground seperti pada Pasir Ris,Jurong East and Yishun.
Suasana salah satu stasiun MRT


Suasana dalam MRT

Berbicara mengenai fasilitas keamanan dan kenyamanan penumpang pada masing-masing stasiun, pihak pengelola memberikan perhatian yang besar untuk itu.
Pada tiap stasiun dilengkapi dengan General Ticketing Machines (GTMs)---> dimana penumpang dapat membeli tiket standar atau tiket berlangganan melaui mesin, a Passenger Service Centre,LED/plasma display yang menyajikan informasi dan pengumuman. Fasilitas eskalator juga tersedia. Pada beberapa tempat juga terdapat minimarket seperti 7 eleven atau cheers.
Suasana salah satu pintu masuk menuju stasiun MRT ( Orchard Road St)


General Ticketing Machines (GTMs)


Garis kuning pada di depan platform screen doors

Pada sektor keselamatan pada tiap stasiun dilengkapi dengan platform screen doors yang menghubungkan antara struktur stasiun dengan kereta. Di depan pintu jua terdapat garis kuning pembatas bagi para penumpang yang masuk atau keluar dari kereta. Selain itu pada pintu juga diberi pengontrol suhu tubuh sebagai pencegahan terhadap kejadian yang tidak diinginkan seperti aksi kecelakaan dan aksi bunuh diri. Kampanye tentang keselamatan bagi penumpang juga sering dijumpai terpampang pada kereta ataupun stasiun. Pengumuman akan keselamayan juga sering dikumandangkan. Pengumuman - pengumumnan itu antara lain :

  • "Eating or drinking is not allowed in stations and trains (repeats once).Eating or drinking is not allowed in railway premises."
  • "For your safety, please stand behind the yellow line (and give way to alighting passengers before boarding). Thank you."
  • If you see any suspicious-looking person or articles, please inform our staff, or press the emergency communication button located at the side of the train doors.
  • Attention Please, Please give way to alighting passengers before boarding, thank you.
  • dan yang lainnya
Kebersihan ??? Jangan ditanya lagi bagaimana kota negara ini sangat serius menanggapi isu ini. Sudah pasti tidak ada /terlihat ceceran sampah berceceran. Ada denda yang cukup besar bila ada yang coba - coba melanggar aturan tentang kebersihan ini.

Ketepatan waktu?? Jangan kuatir , anda tidak akan terlambat karena semuanya berjalan sesuai dengan jadwal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar