Minggu, 04 Juli 2010

Tenerife Disaster.... Kecelakaan Pesawat terburuk








Ini terjadi pada tanggal 27 Maret 1977 pukul 17:06 waktu setempat di Kepulauan Kanari,Spanyol......
Kecelakaan ini menyebabkan tewasnya 583 penumpang ( hingga sekarang masih memegang rekor sebagai kecelakaan pesawat terburuk sepanjang masa, dan berharap jangan sampai terjadi lagi di kemudian hari)


Saat itu dua pesawat berbadan lebar Boeing 747-121 milik Pan American (Pan Am) World Airways dan Boeing 747-206B milik KLM Royal Dutch Airlines bertabrakan di Bandar Udara Internasional Los Rodeos di Tenerife, Kepulauan Kanari dan menewaskan 583 orang.

Kecelakaan tersebut menempati peringkat tertinggi kehilangan nyawa manusia dalam sejarah penerbangan. Saat itu Pan Am –kini tak lagi beroperasi-- dengan nomor penerbangan 1736, dinamai Clipper Victor, di bawah kendali Kapten Victor Grubbs. Sedang KLM penerbangan 4805, dinamai Rijn (Sungai Rhine), di bawah kendali Kapten Jacob Veldhuyzen van Zanten. KLM 4805, melakukan take off di satu-satunya landasan di bandara tersebut, menabrak Pan Am yang sedang berjalan menuju landasan yang sama. Setelah insiden itu pesawat Pan Am, yang berada pada posisi di bawah, terbakar.

Kejadian itu bermula saat kedua pesawat tersebut dialihkan menuju Bandara Los Rodeos di Tenerife, menyusul ancaman bom terhadap bandara tujuan semula di Las Palma. Keduanya bertabrakan ketika akan meninggalkan Tenerife kembali ke La Palma. Pilot KLM 4805 melakukan take off tanpa izin dari Air Traffic Controller (ATC) di saat Pan Am 1736 sedang menyeberangi landasan yang sama untuk bersiap berangkat.

Pilot B 747 KLM sempat mencoba memaksa pesawatnya take off, namun baru mencapai 100 kaki pesawatnya menabrak Pan Am. Jumlah korban tewas dari B 747 KLM adalah semua 234 penumpang dan 14 awaknya, sedangkan dari B 747 Pan Am 9 dari 16 awak tewas dan 265 dari 317 penumpang tewas.

1 komentar:

  1. Seharusnya di sekitar landasan dan taxiway di pasang rambu dari lampu sebagai konfirmasi ATC. Merah=berhenti
    Hijau=jalan
    Kuning=bersiap Take Off.
    Seperti Kereta Api saja.

    BalasHapus