Kamis, 08 Juli 2010

Safety car in F1


Safety car masuk ke track ketika Race Director menghendakinya. Maksud dari masuknya safety car ke dalam track adalah untuk mengurangi kecepatan para pembalap yang disebabkan oleh adanya kecelakan pada track, hujan yang cukup deras sehingga menimbulkan genangan yang cukup banyak pada lintasan, ataupun terdapat sesuatu yang dianggap mengganggu jalannya lomba.

Safety car juga hadir ketika formation lap atau lap "pemanasan" ketika lomba akan dimulai.
Ketika safety car masuk ke dalam track pembalap di belakangnya tidak diperkenankan melakukan overtaking baik itu meng-overtaking safety car ataupun dengan sesama pembalap.
Kepada pembalap yang melaju , pemberitahuan masuknya safety car melalui komunikasi dengan pitlane serta papan bertuliskan "SAFETY CAR" yang diperlihatkan ketika melintasi garis start/finish.
Ketika peridode lap safety car akan berakhir ditandai dengan matinya lampu kedip orange pada safety car. Hal ini menandakan bahwa untuk lap berikutnya safety car sudah meninggalkan track. Namun sebelum safety car benar-benar meninggalkan track para pembalap masih dilarang untuk aksi overtaking.
Semenjak tahun 1996 safety car menggunakan 571-HP Mercedes-Benz SLS AMG, dengan 6.3-litre V8 engine, seven-speed double-clutch transmission dan composite brakes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar